Senin, 12 November 2012

PENGERTIAN SISTEM OPERASI

SISTEM OPERASI
 
Pengertian Sistem Operasi Komputer – Sistem Operasi Komputer adalah sebuah Perangkat Lunak Komputer yang berfungsi untuk mengkontrol Perangkat Keras Komputer dan operasi – operasi dasar system, termasuk menjalankan program atau aplikasi komputer, seperti program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah pekerjaan – pekerjaan kita baik itu pekerjaan kantor, tugas sekolah, dll. Sedangkan Sistem Operasi dalam Bahasa Inggris disebut Operating System biasa di singkat dengan OS.
Sistem Operasi komputer merupakan perangkat lunak lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini bukan memory ram tapi Hardisk) pada saat Komputer dinyalakan. Kemudian perangkat lunak lainnya baru di jalankan setelah Sistem Operasi Komputer dijalankan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk perangkat lunak atau software tersebut. Layanan inti umum tersebut seperti manajemen memori,  skeduling task, akses disk, dan antar muka user. Sehingga masing – masing perangkat lunak atau software tidak lagi melakukan tugas inti tersebut, karena dapat dilakukan oleh Sistem Operasi Komputer itu sendiri. Kode yg melakukan tugas – tugas inti tersebut dikenal dengan sebutan kernel Sistem Operasi
 Sistem Operasi Komputer berfungsi sebagai penghubung antar lapisan hardware (perangkat keras komputer) dan lapisn software (Perangkat Lunak Komputer). Sistem Operasi komputer juga ditugaskan untuk melakukan perintah penting sebuah komputer, serta menjamin program-program yang mempunyai fungsi berbeda dan dapat bekerja secara bersamaan tampa hambatan.
 Sistem Operasi Komputer menjamin perangkat lunak bisa memakai memori, proses input serta proses output terhadap, dan memiliki akses penuh terhadap system file. Karena ketika ada aplikasi atau program yang sedang berjalan atau terbuka bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan memberikan jadwal kepada masing aplikasi yang sedang berjalan itu, sehingga proses pd Komputer yang sedang berjalan akan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan Central Processing Unit (CPU) tentunya tidak akan mengganggu perangkat lainnya.
Defenisi Sistem Operasi yang dapat diberikan antara lain :

  1. Software yang mengontrol hardware, hanya berupa program biasa (seperti beberapa file pada DOS)
  2. Program yang menjadikan hardware lebih mudah untuk digunakan
  3. Kumpulan program yang mnegatur kerja hardware (seperti permintaan user)
  4. Resource manager atau resource allocator (seperti : mengatur memory, printer dan lain-lain)
  5. Sebagai program pengontrol (program yang digunakan untuk mengontrol program lainnya)
  6. Sebagai kernel, yaitu program yang terus-menerus running selama komputer dihidupkan
  7. Sebagai guardian, yaitu mengatur atau menjaga komputer dari berbagai kejahatan komputer
Sistem Operasi ditinjau dari apa yang dilakukannya
  1. Sebagai antarmuka antara user dengan hardware
  2. Memungkinkan adanya pemakaian bersama hardware maupun data antar user
  3. Pengatur penjadwalan resource bagi user (seperti: pemakaian CPU) dan I/O secara bergantian, dengan adanya memory manager dapat mengakses program besar hanya dengan memory kecil)
  4. Menyediakan fasilitas sistem operasi (seperti: menyediakan fasilitas interrupt)
Tujuan adanya Sistem Operasi
  1. Menunjukkan lingkungan dimana user dapat mengeksekusi program-programnya
  2. Membuat sistem komputer nyaman untuk digunakan
  3. Mengefisienkan hardware komputer
 MACAM_MACAM SISTEM OPERASI
 
 1. UNIX
Termasuk sistem operasi yang paling awal ada untuk komputer. Merupakan induk dari sistem operasi linux.
2. DOS
Sistem operasi yang merupakan cikal bakal dari Microsoft Windows. Ciri khasnya yaitu berupa teks putih dengan latar belakang hitam. Kalau mau mencobanya bisa lewat Start Windows – Run, lalu ketik cmd.
3. Novell Operating Sistem
Dibuat oleh Novell Corporation. Sistem operasi yang dulu pernaha digunakan oleh Fakultas MIPA UGM untuk Entry Key-In KRS mahasiswa.
4. Microsoft Windows
Merupakan sistem operasi yang paling populer. Hampir semua orang pernah memakainya. Beberapa versi Microsoft Windows yang terkenal: Microsoft Windows 98, 2000, Me, XP, Vista, Windows 7.
5. Apple Machintos
System operasi yang unggul dalam hal grafik. Memerlukan hardware khusus sehingga tidak dapat di-install di computer biasa. Versinya antara lain Mac OS X (Tiger), Leopard.
6. Linux
Pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvald. Merupakan sistem operasi open source artinya bisa dikembangkan oleh semua orang dengan bebas. Turunan linux atau yang dikenal dengan distro linux banyak sekali macamnya. Mungkin linux merupakan sistem operasi yang paling banyak. Beberapa di antaranya yaitu: Debian, Suse, Red Hat (Fedora), Slackware, Ubuntu, Backtrack, dan lain-lain
7. Solaris
Dikembangkan oleh Sun Microsystem. Lebih banyak digunakan untuk perusahaan.
8. Free BSD
Dibuat oleh Universitas Berkeley. Hampir sama seperti linux.
Sistem Operasi untuk handphone:
1. Symbian
Sistem operasi yang populer di kalangan para pengguna handphone. Kebanyakan handphone nokia menggunakan symbian sebagai sistem operasi. Versinya antara lain S40, S60, S9
2. Microsoft Windows Mobile
Sistem operasi yang dikeluarkan oleh Microsoft untuk smartphone dan PDA. Tampilannya hampir sama dengan Windows pada komputer.
3. Palm OS
Sistem operasi yang digunakan pada PDA keluaran PALM.
4. Android
Sistem operasi untuk handphone yang akan diluncurkan Google. Android berbasis Linux sehingga termasuk open source.

0 komentar:

Poskan Komentar