Senin, 12 November 2012

MENGAKTIFKAN SFTP D LINUX CENTOS

Aktifkan SFTP User Root di Linux CentOS

Di sini secara default, SFTP dari VPS Linux CentOS tidak aktif karena hal ini dengan “keamanan di Linux”.SFTP Pada Linux CentOS
SFTP sendiri adalah kependekan dari Secure File Transfer Protocol yang artinya kita bisa memanage file di VPS melalui port SSH dari VPS tersebut. Secara default, SFTP untuk user root adalah disable, tetapi ada kalanya kita ingin menggunakan user root untuk akses FTP. Untuk mengaktifkannya, ikuti petunjuk berikut ini.
1) Edit file dari /etc/ssh/sshd_config menggunakan editor kesayangan anda. Kalau saya sendiri terbiasa menggunakan text editor nano.
2) Cari bagian PermitRootLogin, jika belum aktif aktifkan dengan menghilangkan tanda pagar # sebelum sintak tersebut dan setting dengan yes.

3) Sesudah itu restart SSH dengan cara merestart SSH daemon dengan perintah service ssh restart atau bisa juga dengan perintah /etc/init.d/sshd restart yang diikuti dengan tombol enter.
SSH Restart di Linux VPS CentOS
Sekarang, coba anda gunakan aplikasi semacam FileZilla untuk mengakses file ke root dengan user, password dan domain (Atau IP Address) dari VPS yang anda kelola.
Cukup mudah bukan? Jika ada pertanyaan mengenai hal ini, jangan ragu untuk mengirimkan pertanyaan dengan meninggalkan komentar di bawah ini. Kami siap membantu anda (Dengan catatan kami juga memang capable untuk pertanyaan tersebut. Mohon maaf, untuk pertanyaan yang belum kami jawab, kemungkinan karena kami memang tidak pernah memiliki pengalaman dengan hal tersebut).

0 komentar:

Posting Komentar