Jumat, 09 November 2012

DAMPAK NEGATIF MEROKOK


  • Penyebab Penyakit Gagal Jantung
Gagal jantung dapat disebabkan oleh gangguan primer otot jantung itu sendiri atau beban jantung yang berlebihan ataupun kombinasi keduanya. Secara garis besar, faktor kemungkinan yang menyebabkan penyakit gagal jantung adalah orang-orang yang memiliki penyakit hipertenisi, hiperkolesterolemia (kolesterol tinggi), perokok, diabetes (kencing manis), obesitas (kegemukan) dan seseorang yang memiliki riwayat keluarga penyakit jantung serta tentunya pola hidup yang tidak teratur dan kurang ber-olah


BAHAYA MEROKOK  DAN KIAT BERHENTI  MEROKOK

    Selama beberapa abad, penduduk Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya suka merokok, dan hanya sedikit yang memikirkan akibatnya terhadap kesehatan mereka. Namun, pemerintah Amerika Serikat mulai menyelidiki kaitan merokok dengan kesehatan pada tahun 1950-an, dan laporan Kepala Jawatan Kesehatan yang diterbitkan sejak waktu itu, telah mengubah sama sekali sikap kebanyakan  orang Amerika terhadap merokok. Sebenarnya bukan hanya di Amerika saja, di seluruh dunia pun telah timbul keprihatinan mengenai akibat buruk penggunaan tembakau dalam segala bentuk terhadap kesehatan, termasuk di Indonesia sudah mulai menyadarinya.
 Gerakan menentang rokok yang sekarang ini adalah akibat statistik nasional yang membuktrikan membengkaknya penderita kanker paru-paru yang berkaitan dengan meningkatnya perokok.


Mengapa Orang mulai Merokok

    Kebanyakan perokok memulai kebiasaan merokok pada umur belasan tahun. Orang-orang yang sudah melewati umur belasan tahun, jarang mulai merokok. Alasan untuk mulai merokok berbeda-beda tetapi ada beberapa alasan paling umum.
•    Contoh orang lain. Terutama orang tua dan orang lain yang dikagumi. Meskipun anak-anak menyadari bahaya merokok, pengaruh orang tua perokok sangat kuat.
•    Tekanan kelompok sebaya. Supaya diterima dalam kelompok, anak-anak belasan tahun sering merokok karena teman-temannya juga merokok. Keinginan ini begitu kuat sehingga orang muda akan terus merokok meskipun mual, muntah, sakit kepala, dan memberi rasa tidak enak pada mereka ketika merokok pertama kali.
•    Keinginan untuk menyesuaikan diri. Kebanyakan orang tidak suka berbeda dari orang lain, terutama pada orang muda. Ketika mereka tahu bahwa merokok merupakan “sesuatu yang harus dilakukan” sukar rasanya melawan kecenderungan umum.
•    Kedewasaan. Merokok dianggap sebagai kebiasaan orang dewasa, jadi anak-anak belasan tahun mencoba membuktikan  kedewasaan  dan kebebasan mereka dengan merokok sigaret.
•    Keinginan untuk mencoba-coba. Orang muda belasan tahun ingin mencoba sendiri, ingin bergembira dan melakukan sesuatu yang lain.
Banyak orang yang mulai merokok tidak menyangka akan terus merokok, tetapi sekali mereka mulai merokok, kebiasaan itu lebih sulit dihilangkan ketimbang dugaan banyak orang. 

ASAP ROKOK

    Asap akan muncul setiap kali bahan organic, seperti kayu atau daun terbakar dengan tidak sempurna. Pada waktu daun tembakau terbakar, sebagian dari zat organiknya hangus, sementara yang tidak benar-benar hangus berjalan bersama asap. Namun, terbakar bukan saja menghanguskan, tetapi juga menciptakan. Ratusan zat baru dibentuk selama proses pembakaran itu. Asap adalah campuran partikel-partikel kecil, titik-titik cairan, dan sejumlah gas. Pada waktu asap itu dingin, cairan dan partikel-partikel itu lengket bersama, membentuk bahan yang berwarna hitam kecoklat-coklatan, dan bau, yang disebut ter(tar).

 Kandungan Berbahaya Dalam Rokok

    Analisis telah menunjukkan bahwa daun tembakau mengandung kira-kira 1000 zat kimia. Tetapi ujung sigaret yang terbakar adalah pabrik  kimia luar biasa yang menghasilkan bahan kimia baru yang berbahaya.  Saat batang rokok terbakar, maka asapnya menguraikan sekitar 4000 bahan kimia dengan 3 (tiga) komponen utama, yaitu nikotin yang menyebabkan ketergantungan/adiksi, tar yang bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker), karbon monoksida yang aktivitasnya sangat kuat terhada hemoglobin sehingga kadar oksigen dalam darah berkurang, dan bahan-bahan kimia lain yang beracun seperti gambar berikut :




Acrolein :
Alkohol  kering yang merusak kerja seluruh organ tubuh.
Karbon monoksida :
Gas tidak berbau yang sangat beracun dan mengganggu oksigenasi dalam darah.
Nikotin:
Cairan bening dan berminyak yang bila dibakar dan masuk ke dalam sirkulasi darah akan mencapai otak hanya dalam waktu 15 detik. Nikotin bersifat mengacaukan kerja otak, menghambat rasa sensor lapar, memunculkan gangguan pada kemampuan daya tangkap, alam perasaan maupun pikiran, tingkah laku dan fungsi psikomotor, serta menyebakan kecanduan 5-10 kali lebih kuat daripada kokain dan morfin.
Amoniak:
Gas tidak berwarna yang sangat beracun, terdiri dari unsur nitrogen dan hydrogen dengan bau yang menyengat. Dalam jumlah sedikit pun, kalau sampai masuk ke dalam peredaran darah akan mengakibatkan orang pinsan atau koma.
Formic acid:
Cairan bening yang baunya sangat menusuk dan dapat menyebabkan kulit melepuh bila terkena.
Hidrogen sianida :
Gas tidak berwarna, tidak berbau, mudah terbakar dan efektif menghambat pernapasan. Sianida sendiri adalah zat kimia beracun yang sangat berbahaya, sehingga kadar rendah pun bisa mengakibatkan kematian.
Nitrous oxide:
Gas tidak berwarna yang bias mengurangi keluhan rasa sakit, sehingga dimanfaatkan dalam pembiusan saat operasi.
Formaldehyde(formalin):
Gas tidak berwarna dengan bau tajam yang kerap dimanfaatkan sebagai pengawet sekaligus pembasmi hama karena ampuh meracuni semua organisme hidup.
Fenol :
Bersifat meracuni karena akan terikat ke dalam protein yang kemudian akan menghalangi aktivitas enzim.
Aseton :
Zat kimia yang mudah menguap dan umumnya digunakan sebagai penghapus cat ataupun cat kuku.
Hidrogen sulfide:
Gas beracun yang gampang terbakar dengan bau menyengat. Dalam tubuh, gas ini menghalangi oksidasi enzim.
Pyridine:
Cairan bening dengan bau tajam yang sering dimanfaatkan sebagai pem,basmi hama.
Metilklorida:
Campuran zat-zat kimia bervalensi satu yang bersifat racun.
Metanol:
Gas yang gampang menguap dan mudah terbakar. Bila diisap atau diminum, dapat mengakibatkan kebutaan, bahkan kematian.
Tar:
Cairan kental berwarna cokelat tua atau hitam pekat yang terbukti menyebabkan kanker pada hewan percobaan.  Biasanya terdeposit di paru-paru dan merusak jaringan paru-paru dan merusak bulu-bulu halus yang melindungi paru-paru dari serangan debu.

    Asap rokok yang terbakar bergerak ke dua arah. Sebagian yang diisap ke dalam mulut perokok disebut asap utama, sementara yang keluar dari ujung rokokyang terbakar, cerutu atau pipa rokok yang  dikenal sebagai asap samping. Asap menjadi dingin pada waktu pindah dari tempatnya dibentuk. Pendinginan ini membuat sebagian ter itu lengket dibatang pipa, atau pada tembakau yang membentuk rokok atau cerutu itu.  Sementara asap mengalir melalui saluran pernapasan dan kembali keluar, banyak dari ter itu diserap oleh paru-paru sebelum dihembuskan ke luar.  Dengan demikian sebagian asap utama disaring sebelum mencapai udara.
    Sebaliknya asap samping lepas ke udara tanpa disaring. Dengan demikian, udara dalam ruangan yang penuh asap terdiri dari sebagian asap rokok yang disaring maupun yang tidak disaring. Kandungan kimia asap utama lebih rendah karena bahan-bahan itu telah terperangkap di dalam paru-paru perokok sedangkan pada asap samping zat-zat beracunnya konsentrasinya lebih besar.  

Masalah Kesehatan Yang Ditimbulkan akibat Merokok




Otak
Stroke,perubahan kimia otak
Gangguan mata
Menurut penelitian yang dimuat Journal of the American Medical Association, merokok akan memicu pembengkakan otot bola mata. Akibatnya, bola mata tampak besar dan menonjol keluar.  Selain itu, perokok    juga akan lebih mudah mengalami katarak (kekeruhan lensa mata).
Gangguan hidung
Studi menunjukkan, peerokok banyak mengalami gangguan penciuman. Semua itu terjadi karena asap rokok merusak selaput lendir dan mempersempit saluran napas pada hidung.
Mulut dan tenggorokan
Kanker bibir, mulut, tenggorokan dan laring.
Jantung
Melemahkan arteri, meningkatkan risiko serangan jantung.
Dada
Kanker  esophagus
Paru-paru
Kanker paru, bronkitis, asma dan emfisema
Gambar paru normal

Gambar paru yang menderita kanker

Hati
Kanker
Perut
 Tukak lambung dan kurang memberikan respon positif terhadap pengobatannya , kanker lambung, pancreas dan usus besar, pelebaran perut.
Ginjal dan kandung kemih 
Kanker
Reproduksi pria
Kerusakan sperma, impoten
Reproduksi wanita
Kanker leher rahim, mandul
Kaki
Ganggren akibat penggumpalan darah
Nyeri punngung
Suatu penelitian melaporkan, perokok lebih sering nyeri punggung dibandingkan bukan perokok. Hal itu terjadi akibat hambatan aliran darah ke saraf tulang belakang dan kurangnya aliran mineral dalam tulang.
Gangguan kulit dan wajah
Studi lain memperlihatkan paparan asap rokok pada kulit akan menimbulkan iritasi dan kekeringan, sehingga kulit gampang keriput dan pecah-pecah. Tembakau juga mengandung zat berbahaya yang mengganggu aliran darah pada kulit dan menyebabkan kerusakan kolagen dan elastin (protein yang penting untuk menjaga kelenturan kulit).
Tidur mendengkur
Para perokok juga seringkali tidur mendengkur dengan keras, akibat adanya peradangan pada saluran napas bagian atas.
Osteoporosis
Mempengaruhi pembedahan
Merokok dapat mempengaruhi keberhasilan pembedahan karena berdampak buruk terhadap suplai oksigen ke jaringan, saluran napas, respon kekebalan tubuh, sirkulasi darah, dan kecepatan denyut jantung. Para perokok umumnya juga memerelukan obat bius dosis tinggi dibandingkan dengan mereka yang bukan perokok.


PEROKOK DAN ZONA BEBAS ROKOK


Siapa perokok aktif itu ?
•    Perokok aktif adalah orang yang mengkonsumsi rokok secara rutin, dengan jumlah sekecil apapun (1 batang rokok perhari sudah cukup untuk disebut perokok aktif).
•    Perokok aktif adalah orang yang mengisap rokok walau tidak rutin sekalipun (perokok pemula yang cuma sekedar coba-coba juga disebut perokok aktif).
•    Perokok aktif adalah orang yang mengisap rokok, Cuma sekedar menghembus-hembuskan asap rokok, walau tidak dihisap (inhale) masuk ke dalam paru-paru sekalipun.

Siapa perokok pasif (perokok tanpa sadar) (Second-Hand Smoke)?
Perokok pasif adalah orang yang bukan perokok tapi menghisap asap rokok orang lain, atau orang yang berada dalam satu ruangan tertutup dengan orang yang sedang merokok.

Merokok pada wanita

Merusak serviks, saluran tuba daan ovarium dan menghabiskan telur sebelum waktunya.
Nikotin dan bahan kimia lainnya dalam rokok juga mengganggu produksi estrogen dan menyebabkan telur menjadi lebih rentan terhadap kelainan genetic.
Wanita perokok   berisiko tinggi mengalami keguguran, janin meninggal dalam kandungan atau pertumbuhan janin terhambat yang kelak lahir dengan dengan berat badan lahir rendah/kurang dari normal(BBLR)
Merokok semasa hamil juga  meningkatkan risiko anak lahir dengan asma.

Pada bayi dan anak  :

    Anak yang tinggal bersama orang tua perokok, akibatnya cukup fatal. Satu jam saja dia berada di ruang berasap rokok, bahayanya sama seperti dia menghisap 10 batang rokok atau lebih. Penelitian juga membuktikan anak-anak yang orang tuanya merokok biasanya cenderung coba-coba merokok sendiri.

Third-Hand Smoke
 
“Third-hand smoke” adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan ada banyak residu racun dari asap rokok yang menempel di baju, anggota tubuh terutama tangan, dan rambut Anda saat merokok. Atau benda-benda lainnya. Residu ini bisa bertahan lama. Nah, kelompok yang paling rentan “merasakan” residu racun-racun alias “third-hand smoke” ini adalah balita.

    Jangan kira dengan merokok di luar rumah sudah aman buat si kecil. Racun berbahaya dari asap rokok masih menempel di pakaian dan rambut Anda, sehingga masih bisa terhirup oleh si kecil. Selain itu partikel-partikel itu akan menempel di tempat tidur, karpet, atau beterbangan di udara sampai akhirnya terhirup.

Bayi yang terpapar asap rokok kebanyakan pernah di rawat di rumah sakit pada tahun pertama kehidupannya, lebih gampang sakit, sering tidak masuk sekolah dan lebih rentan terkena batuk pilek dan berisiko lebih tinggi terkena meningitis dan infeksi telinga hingga berakibat tuli.
Anak lebih menderita disebabkan karena: 
* Saat anak menghirup rokok dia menghirup rokok dua efek negatif sekaligus,  itu asap rokok dan asap buangan yang  dapat membawa bibit penyakit, umumnya penyakit pernapasan.
* Anak kecil bernapas lebih cepat daripada orang dewasa. Akibatnya, mereka lebih banyak menghirup zat-zat kimia berbahaya per berat tubuh mereka dibanding orang dewasa pada saat yang sama.
* Sistem kekebalan tubuh belum terbangun sempurna.

Gerbang Ketergantungan napza
Selain masalah kesehatan di atas, kebiasan merokok diketahui menjadi gerbang untuk masuk pada ketergantungan  napza. Oleh karena itu, hindarkan anak-anak dan remaja kita dari kebiasaan buruk ini sejak dini. Sekali mereka mengisap dan kecanduan tembakau, maka mereka berpotensi untuk kecanduan napza.

Apakah perokok pasif lebih menderita daripada perokok aktif?
Asap rokok  dapat memengaruhi langsung kesehatan bukan perokok. Seseorang perokok pasif dapat menderita beberapa penyakit sama seperti penyakit yang diderita perokok aktif. Racun asap rokok bahkan bisa lebih berbahaya bagi perokok pasif karena tidak adanya antibody yang terbentuk di dalam tubuh perokok passif saat racun asap rokok masuk ke dalam tubuhnya. Oleh karena itu semua upaya harus dilakukan untuk menghindari segala bentuk merokok, dan sangat dianjurkan agar tidak merokok di tempat kerja, tempat makan dan tempat-tempat umum lainnya.


Apakah Merokok Pasif Menjadi Suatu Kesulitan di Tempat Kerja ?
    Ya. Jika perokok merokok sambil bekerja maka para pekerka yang bukan perokok disekitarnya terkena asap sampingan. Para ahli di seluruh dunia  telah mengamarkan bahwa merokok pasif di tempat kerja adalah berbahaya, dan para majikan bertanggung jawab untuk menyediakan tempat kerja yang bebas asap rokok. Merokok di tempat kerja selain merugikan majikan karena perokoknya sering mangkir karena sakit, juga menghadapi ancaman kebakaran dan rendahnya kebersihan lingkungan kerja. Sekarang ini (di Negara Barat;  bahkan majikan menghadapi ancaman kerugian lain : para pekerja bukan perokok mengajukan tuntutan ganti rugi kepada majikan karena gangguan kesehatan akibat bekerja di tempat   yang penuh asap rokok!

Apa Artinya Tempat Kerja yang Bebas Rokok ?
    Tempat kerja yang bebas asap rokok artinya suatu tempat yang bebas asap rokok artinya suatu  tempat kerja di mana para pekerja yang bukan perokok tidak terganggu dengan asap rokok. Ini bisa berarti larangan terhadap merokok atau kebanyakan tempat itu bebas  rokok. Namun bias  saja disediakan tempat khusus di mana mereka boleh merokok. Aturan tentang ini harus dengan tegas menyebutkan di mana tempat-tempat  yang bebas  rokok dan di mana yang diizinkan merokok.

Bagaimana Peraturannya dan ZONA BEBAS ROKOK ?
    Sedapat mungkin aturannya sederhana saja. Yang penting disebutkan di bagian mana saja tempat yang bebas rokok, dan sejak kapan aturan itu berlaku.  Seluruh pekerja harus mengetahui mengenai    peraturan ini, biasanya dengan menempelkan pengumuman di dinding dengan tulisan yang mencolok : Dilarang Keras Merokok di Tempat ini.

Zona Bebas Rokok
Beberapa Negara maju telah  memberlakukan aturan untuk menyediakan ruangan-ruangan yang bebas rokok seperti di  tempat penyelenggaraan upaya kesehatan, tempat proses belajar mengajar, arena kegiatan anak,tempat rekreasi , kegiatan ibadah, tempat kerja/perkantoran, bandar udara , bioskop, mal, hotel, restoran, club, tempat hiburan tertutup dan angkutan umum seperti pesawat terbang,  bis, kereta api dan tempat tertutup lainnya.

Landasan Hukum
Pengembangan Kawasan Tanpa Rokok mempunyai landasan hukum   yaitu Peraturan Pemerintah RI Nomor 81 tahun 1999 dan Nomor 38 tahun 2000 tentang Pengamanan Rokok Bagi Kesehatan, perihal Kawasan Tanpa Rokok pasal 23, 24 dan 25 serta pada pasal 26 tentang peran masyarakat.
Pasal 23
1)    Tempat umum dan atau tempat kerja yang secara spesifik sebagai tempat penyelenggaraan upaya kesehatan, proses belajar mengajar, arena kegiatan anak, kegiatan ibadah dan angkutan umum dinyatakan sebagai kawasan tanpa rokok.
2)    Dalam angkutan umum dapat disediakan tempat khusus untuk merokok dengan ketentuan :
•    Lokasi tempat khusus untuk merokok terpisah secara fisik/tidak bercampur dengan kawasan tanpa rokok pada angkutan umum yang sama.
•    Dalam tempat khusus untuk merokok harus dilengkapi alat penghisap udara atau memiliki system sirkulasi udara yang memenuhi   persyaratan yang ditetapkan oleh Menteri yang bertanggung jawab di bidang perhubungan.
Pasal 24
Pimpinan atau penanggung jawab tempat umum dan tempat kerja harus mengupayakan terbentuknya kawasan tanpa rokok.
Pasal 25
Pimpinan atau penanggung jawab tempat umum dan tempat kerja yang menyediakan tempat khusus untuk merokok harus menyediakan alat penghisap udara sehingga tidak mengganggu kesehatan bagi yang tidak merokok.
Pasal 26
Masyarakat, termasuk setiap orang yang memproduksi rokok dan setiap orang yang memasukkan rokok ke dalam wilayah Indonesia, memiliki kesempatan untuk berperan seluas-luasnya dalam rangka mewujudkan derajat kesehatan yang optimal melalui terbentuknya kawasan tanpa rokok pada tempat umum, tempat kerja dan angkutan umum.


Apa Itu Tempat Merokok dan Kapan Itu Digunakan?
    Tempat yang khusus untuk merokok disediakan di mana para pekerja boleh menikmati rokok  mereka, biasanya di sebuah ruangan dekat kantin atau tempat lain yang jauh dari ruang kerja. Tentu tidak berarti perlu ruang kerja atau kantor khusus untuk pekerja yang merokok yang termasuk dalam bangunan kantor, seba hal itu dapat mencemari ruangan terutama yang menggunakan AC.

Bagaimana Kalau Pekerja Mengabaikan Aturan Ini?
Di Negara-negara maju, soal aturan bebas rokok di tempat kerja dapat berjalan dengan mulus, terutrama jika tiap pekerja  diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapat mengenai pemisahan tempat ini. Bila timbul tantangan dari para pekerja yang tidak setuju hal itu biasanya dapat diselesaikan secara informal. Kalau sesudaH aturan ini disepakati tetapi masih ada pekerja yang mengabaikannya mungkin rapat perlu membahasnya lebih lanjut, termasuk sangsi yang bisa dikenakan atas pelanggaran aturan tersebut.

Panduan untuk Tempat Kerja yang Bebas Rokok
1.    Bentuklah sebuah rapat yang meliputi staf pimpinan, pekerja yang merokok dan bukan perokok.
2.    Rapat menyusun sebuah rancangan peraturan, termasuk petunjuk pelaksanaannya. Hal ini harus diprioritaskan pada tempat-tempat yang bebas rokok.
3.    Rancangan aturan tersebut disebarkan kepada para karyawan untuk memperoleh tanggapan.
4.    Keputusan akhir dibuat, dengan diketahui dan disetujui unsur pimpinan serta wakil-wakil karyawan.
5.    Pelaksanaan aturan ini sebaiknya disertai dengan program pendidikan, bagi para karyawan maupun pimpinan.
6.    Melakukan perbaikan-perbaikan tertentu dalam lingkungan kerja yang lebih sehat, termasuk masalah ventilasi udara.


BERHENTI MEROKOK
    Dewasa ini, hampir semua orang menyadari bahwa merokok merusak kesehatan. Namun, banyak orang memilih untuk meneruskan kebiasaan tersebut walaupun mengetahui akibatnya yang berbahaya. Di dalam dunia yang bebas ini sudah tentu terserah kepada pilihan pribadi masing-masing.
    Banyak orang mengatakan bahwa mereka tidak dapat menghentikan kebiasaan tersebut. Apabila berhadapan dengan ancaman maut (jika tidak berhenti merokok dengan segera) sangat mengherankan bahwa mereka yang “merasa tidak dapat” menghentikannya secara tiba-tiba ternyata bisa juga menghentikannya.
    Banyak orang telah berhenti merokok dengan cara sederhana ialah membuat tekad pribadi tidak akan merokok lagi setelah waktu yang ditetapkan. “ Mulai saat ini aku berhenti merokok sama sekali”. Habis perkara.
    Mereka yang atas kemauannya sendiri mau melakukan hal ini biasanya berhasil, dan ternyata banyak orang telah menghentikan kebiasaan tersebut dan kesehatan mereka membaik dan semangat mereka bertambah baik.
    Tetapi banyak orang mencari tempat bersandar untuk menyalurkan beban batinnya. 

Apa manfaat dari berhenti merokok ?
•    Dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung, kanker paru, penyakit paru kronik, obstruktif, stroke dan penyakit akibat rokok.
•    Bernafas dengan lebih mudah dan mempunyai stamina yang lebih baik.
•    Menghemat uang dari membeli rokok (kira-kira 1,7 juta setahun bagi perokok yang menghisap  satu pak 20 batang sehari) , sehingga Anda memiliki uang ekstra yang dapat digunakan untuk keperluan lain. Misalnya, membelikan keperluan sekolah si kecil.
•    Menghemat biaya pengobatan dan pembayaran asuransi.
•    Mempunyai gigi yang lebih bersih, nafas, baju, rumah dan mobil yang tidak berbau.
•    Memperbaiki daya rasa dan bau. Indera penciuman dan pengecapan akan lebih tajam. Anda akan lebih bisa menikmati bebauan yang menyenangkan ataupun kelezatan hidangan favorit Anda.
•    Tidak lagi ketagihan tetapi dapat mengawali kehidupan yang lebih baik.
•    Menyelamatkan orang-orang di sekitar kita terutama anak-anak dan istri. Anak-anak Anda atau anggota keluarga lainnya yang serumah akan tumbuh lebih sehat dan cerdas.

9 Alasan Berhenti Merokok
1.    Rokok berpengaruh buruk terhadap kesehatan.
2.    Mengalami penurunan kondisi kesehatan.
3.    Mengganggu kesehatan orang lain.
4.    Mendapat dukungan dari teman dan keluarga.
5.    Harga rokok yang semakin mahal.
6.    Ingin melakukan perubahan dalam hidup.
7.    Rokok berpengaruh buruk terhadap penampilan.
8.    Sukar menemukan tempat di mana merokok diperbolehkan.
9.    Imej jelek perokok di mata masyarakat.

Bagaimana Cara Berhenti Merokok ?

Ada berbagai cara untuk berhenti merokok dan termasuk diantaranya adalah hipnotis dan akupuntur. Namun, dua cara yang paling umum adalah dengan berhenti secara berangsur-angsur , atau secara sekaligus. Seseorang dapat menghilangkan kebiasaan merokok secara berangsur-angsur dengan mengurangi jumlah rokok  yang diisapnya hari demi hari selama berbulan-bulan. Hal ini dapat terbukti sangat menyiksa karena tubuh akan “lapar” nikotin dalam waktu cukup lama sehingga kurang efektif.
    Ada juga yang mencobanya dengan menggantikan rokok dengan rokok yang rendah nikotin dan tar. Ini pun tidak akan banyak menolong sebab tanpa sadar ia akan banyak mengisap rokok baru itu lebih dalam dan lebih banyak.
    Salah satu cara  untuk berhenti merokok adalah dengan mengurangi jumlah rokoknya dalam beberapa minggu, lalu berhenti total selama tiga bulan. Metode upaya berhenti merokok ini dikembangkan oleh Dr. D. M. Vickery . Beliau membagi  metode ini ke dalam tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap berhenti berangsur-angsur, lalu tahap berhenti total.
Tahap Persiapan
•    Tuliskan semua bahaya yang dapat ditimbulkan  oleh rokok bagi kesehatan Anda.
•    Terimalah bahwa semua bahaya di atas mengancam setiap perokok tanpa terkecuali.
•    Buatlah satu daftar yang berisikan semua keuntungan yang dapat diperoleh dari berhenti merokok.
•    Terimalah bahwa keuntungan-keuntungan di atas lebih besar daripada kenikmatan yang diperoleh dari rokok itu.
•    Tentukanlah   tanggal di mana Anda akan mulai berhenti total.
Tahap berhenti berangsur-angsur
Dapat Anda lakukan selama 30 hari  sebelum berhenti total.
Untuk Hari Pertama
Jatahlah rokok Anda lebih sedikit dari hari sebelumnya, hari kedua lebih sedikit dari hari pertama     dan selanjutnya  sehingga rokok yang Anda isap semakin hari semakin berkurang. Untuk ini, anjuran-anjuran berikut akan menolong Anda.
1.    Pada hari pertama tundalah rokok pertama Anda hari itu selama 15 menit, lalu 15 menit lagi lebih lama setiap hari berikutnya.
2.    Jangan langsung sulut rokok Anda sewaktu timbul keinginan merokok. Alihkan perhatian Anda kepada hal lain yang menuntut perhatian Anda kepada hal lain yang menuntut perhatian aktif seperti meminum air, memulai percakapan dengan rekan kerja Anda, dan sebagainya.
3.    Setelah selesai makan, segera tinggalkan meja makan lalu pergi berjalan-jalan ke luar atau menyikat gigi Anda.
4.    Matikan rokok Anda setelah setengah habis.
5.    Jangan kosongkan asbak Anda sampai seminggu, lalu kosongkan isinya ke dalam gelas kaca. Kumpulkan punting rokok ini sampai satu bulan. Puntung rokok yang “basi” akan kurang sedap dipandang.
6.    Bungkuslah rokok Anda lalu simpan di tempat yang tidak mudah dijangkau.
7.    Cobalah merokok dengan tangan yang tidak biasa Anda gunakan. Taruhlah antara jari ke 3 dan ke 4.
8.    Tentukan periode waktu “tanpa rokok” lalu secara berangsur-angsur perpanjang waktu ini.
•    Selalu pilih “ non-smoking area” sewaktu merokok, sewaktu bepergian dengan kereta api atau kapal terbang.
•    Hentikan segala kegiatan Anda sewaktu merokok, sekalipun sewaktu Anda sedang mengemudi mobil. Pusatkan pikiran Anda pada rokok yang sedang Anda isap.
•    Berolah ragalah lebih banyak dan lebih sering. Lama kelamaan Anda akan lebih ingin merokok.
•    Dapatkan dukungan moril dari seseorang yang mendukung rencana Anda. Misalnya, seorang yang juga sedang berhenti merokok.
Tahap Berhenti Total
Selalu ingatkan diri Anda bahwa Anda sedang memasuki awal kehidupan yang bersih dari rokok gantinya memandangnya sebagai akhir status Anda sebagai perokok. Dengan kata lain, pandanglah bahwa Anda sedang menambahkan sesuatu yang baik dalam kehidupan Anda gantinya sedang mengurangi sesuatu yang telah Anda nikmati selama ini. Perkuat kemampuan Anda dengan merenungkan kembali keuntungan-keuntungan yang akan Anda peroleh setelah berhenti merokok, lalu
•    Sediakan sebuah kalender untuk penjadwalan 90 hari pertama tanpa rokok. Lalu coretlah setiap hari yang Anda telah lalui tanpa rokok.
•    Buang semua rokok dan benda yang berhubungan dengan rokok seperti asbak, pipa, korek api dan sebagainya.
•    Hindarilah makanan dan minuman yang biasa Anda makan atau minum sewaktu merokok.
•    Usahakan agar Anda selalu sibuk.
•    Pusatkan pikiran Anda pada usaha Anda untuk tidak merokok selama satu hari itu saja gantinya pada ke sekian puluh hari lagi yang harus Anda tempuh tanpa rokok.
•    Buat diri Anda sibuk melakukan segala kegiatan di kantor maupun di luar kantor.
•    Buatlah jari-jari Anda sibuk dengan memegang pulpen, penjepit kertas, kalkulator, dan sebagainya. Pada saat mulut Anda terasa “gatal” kunyahlah permen, permen karet, atau bahkan sayur mentah seperti wortel, dan sebagainya.
•    Jika Anda mulai merasa tidak sanggup lagi menahan keinginan merokok, tarik nafas panjang-panjang beberapa kali, nyalakan korek api kemudian tiup pelan-pelan sampai mati lalu tekan korek tersebut ke dalam asbak sebagaimana Anda mematikan punting rokok.
•    Jangan menganggap enteng kemampuan sebatang rokok dalam menggagalkan jerih payah Anda. Jangan hiraukan kata hati Anda yang mengatakan “ Ah, hanya sebatang saja, toh nanti saya akan berhenti total setelah itu.” Jikalau memang akhirnya Anda terpedaya, jangan putus asa. Mulailah kembali usaha Anda untuk berhenti setelah itu.

Cara lain mengatasi Hari Pertama Tanpa Rokok

1.    Buang dan bersihkan semua hal yang berhubungan dengan rokok misalnya bungkus rokok, abu rokok atau asbak.
2.    Buat catatan kecil “ Saya berhenti merokok” di bagian rumah atau kantor terutama tempat-tempat favorit Anda merokok.
3.    Tolak tawaran rokok teman atau rekan kerja dengan tegas, sampaikan pada mereka Anda sudah tidak merokok lagi.
4.    Kalau Anda mau bisa juga sampaikan pada keluarga atau rekan kerja bahwa Anda sudah  berhenti merokok dan memohon mereka tidak merokok di dekat Anda.
5.    Banyak minum air putih dan usahakan jangan minum yang mengandung kafein seperti kopi dan the.
6.    Siapkan selalu permen. Jadi saat selesai makan atau minum kopi, Anda bisa langsung makan permen.
7.    Rencanakan kegiatan lain di waktu luang seperti fitness, jalan-jalan, membaca buku, mendengarkan music, nonton.
8.    Kuatkan dalam hati, bahwa niat Anda berhenti merokok demi kebaikan.




0 komentar:

Poskan Komentar